Yuk Dengar Putusan Reza Satria Palupi Dalam Memilih Media Sosial Brand Kamu

Media sosial saat ini memang telah menjadi fenomena tersendiri di masyarakat. Besarnya pengaruh media sosial pada kehidupan membuat saya juga sangat concern memperhatikan perkembangannya. Pengaruh media sosial sendiri juga sangat saya rasakan dalam dunia usaha atau bisnis. Hal ini terlihat dari munculnya pemasaran online berbasis media sosial yang dijalankan para pengusaha. Dengan membuat konten unik atau juga menjaring fans lewat halaman bisnis, strategi media sosial ini memang sudah banyak terbukti efektivitasnya. Namun karena media sosial saat ini ada banyak macamnya, Anda harus bisa memilih media sosial yang tepat untuk pemasaran brand. Berikut saya hadirkan beberapa tips dalam memilih media sosial untuk brand atau bisnis yang sedang Anda bangun.

  1. Tentukan Target Pasar

Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu sudah punya target pasar tersendiri kan? Nah dari targer pasar ini kita bisa menjadikannya sebuah acuan untuk memilih media sosial yang tepat. Media sosial memang memiliki demografisnya sendiri-sendiri. Dari sinilah kita sebagai bisa menyesuaikan media sosial yang akan kita pilih sesuai pasar yang kita target. Media sosial yang dipilih dengan tidak menyesuaikan target pasar maka strategi pemasarannya akan tidak optimal. Berikut media sosial dengan target pasarnya yang bisa dijadikan acuan. 

  • Instagram, Twitter, YouTube, Tumblr adalah media sosial yang bisa dipilih bila bisnis atau brand mentarget kalangan remaja.
  • Linkedin merupakan media sosial yang dapat dipilih bila Anda mentarget pasar kalangan profesional.
  • Facebook, bila Anda mentarget pasar kalangan yang jauh di luar perkotaan. 
  1. Sesuaikan dengan Jenis Bisnis Anda

Selain target pasar, jenis bisnis juga perlu dijadikan acuan dalam pemilihan media sosial brand atau bisnis. Ini karena media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Contohnya saja Instagram yang berfokus atau berbasis pada gambar. Dari sini maka Anda yang memiliki bisnis atau brand dengan wujud konten visual, akan sangat maksimal bila menggunakan Instagram sebagai media sosial. Tapi bila bisnis atau brand yang Anda miliki adalah berwujud konten-konten editorial, maka Twitter atau Facebook bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu bisnis atau brand yang memiliki produk berwujud audio-visual maka media sosial seperti YouTube, Vine dan Snapchat adalah pilihan yang tepat.

  1. Sesuaikan dengan Konsep Pemasaran Bisnis

Terakhir, tips memilih media sosial yang tepat untuk brand adalah menyesuaikannya dengan konsep pemasaran bisnis. Setiap bisnis pastinya akan menjalankan sebuah konsep marketing atau pemasaran. Nah dari konsep marketing bisnis inilah kita bisa menjadikannya acuan untuk memilih media sosial yang tepat. Seperti misalnya, Anda yang menjalankan konsep pemasaran berbasis sharing informasi dalam wujud blog, maka media sosial yang tepat untuk strategi tersebut adalah Facebook. Tapi bila Anda akan menjalankan konsep pemasaran yang tertuju pada foto atau gambar maka Instagram adalah opsi terbaik untuk dipilih. Dan jika konsep pemasaran Anda lebih terfokus pada sesuatu yang  real time maka Twitter adalah pilihan media sosial yang tepat.

Itulah beberapa tips memilih media sosial yang tepat untuk brand atau bisnis Anda. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah bahwa apapun media sosial yang akan digunakan, Anda harus membuat konten semenarik mungkin supaya konsumen tertarik dengan bisnis atau brand yang dipromosikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *