Trend Marketing di 2019 Menurut Reza Satria Palupi

Setiap tahunnya, termasuk  di tahun 2019, dunia bisnis terus mengalami perkembangan yang terbilang begitu pesat. Dari sinilah kemudian kita bisa mendapati banyak perubahan dari dampak perkembangan dunia usaha tersebut. Saya sendiri melihat bahwa ada banyak perubahan yang perlu diantisipasi pebisnis di tahun 2019 ini. Salah satu hal yang perlu dicermati pebisnis di tahun 2019 ini menurut saya adalah trend markerting. Sebagai salah satu ujung tombak usaha, marketing atau pemasaran memang menjadi begitu krusial untuk selalu dperhatikan. Maka dari itu Anda sebagai pebisnis mau tak mau harus memahami beberapa trend marketing di tahun 2019 berikut ini. 

  1. Video Marketing

Trend marketing tahun 2019 yang pertama adalah video marketing. Sepertinya video memang menjadi salah satu konten yang terus dan makin digemari publik. Dengan semakin mudahnya kegiatan untuk mengakses video, membuat pebisnis tak boleh lagi meragukan efektivitas video marketing ini. Hampir semua riset menunjukkan bahwa data konten video terus mengalami peningkatan. Salah satu data dari Ericsson Mobility Report di tahun 2018 menunjukkan bahwa petumbuhan konten video di jaringan seluler telah meningkat sekitar 35 persen. Begitu pentingnya konten video saat ini bahkan ada yang menyatakan bahwa konsep marketing ini bisa menyelamatkan nyawa perusahaan (Old Spice) yang sudah hampir mati. 

  1. Inbound Marketing

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan internet memang membuat pebisnis tak bisa lagi mengelaknya. Karena dari pertumbuhan internet ini muncul sebuah strategi pemasaran yang saat ini menjadi tren yakni inbound marketing. Inbound marketing sendiri adalah teknik atau strategi pemasaran yang memanfaatkan internet dan dunia online sebagai sarananya. Dengan membuat konten yang menarik, inbound marketing akan mampu membuat produk bisnis Anda ditemukan oleh konsumen. Dari sini maka inbound marketing terbilang sangat efektif. Pasalnya, ketika produk kita bisa ditemukan oleh konsumen maka kita tidak perlu lagi repot-repot turun ke lapangan untuk berpromosi. Tapi sekali lagi untuk bisa membuat konsumen dapat menemukan produk Anda melalui strategi inbound marketing ini, Anda harus bisa membuat konten yang menarik dan sesuai dengan kepentingan konsumen atau target pasar. Inbound marketing sendiri bisa diterapkan pada banyak media online seperti blog, email, atau pun media sosial.

  1. Influencer Marketing

Munculnya beberapa orang berpengaruh di media sosial yang kemudian disebut influencer, membuat pemasaran dengan menggunakan jasa para influencer ini semakin marak. Dengan besarnya jumlah pengikut yang dimiliki, para influencer memang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, terlebih para followers-nya. Dari sinilah kemudian banyak pebisnis yang menggunakan jasa influencer untuk usaha promosi atau marketing. Nah di tahun 2019 sekarang ini influencer marketing telah menjadi trend yang perlu juga Anda cermati. 

  1. Chatbot

Terakhir, trend marketing di tahun 2019 adalah Chatbot. Dengan kebutuhan komunikasi yang cepat, membuat chatbot yang merupakan software untuk menyimulasikan percakapan intelektual semakin diminati. Konsumen memang seringkali membutuhkan respon cepat atas sebuah layanan bisnis. Nah dari sinilah Anda yang memang ingin selalu membuat konsumen puas dengan komunikasi yang cepat maka chatbot bisa jadi solusinya. Dengan semakin cepatnya gerak dan aktivitas manusia, termasuk para konsumen dan target pasar Anda, maka penerapan chatbot ini menjadi sesuatu yang banyak diterapkan para pengusaha untuk menunjang bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *