Standar Helm Untuk Pencinta Motor Gede

Fenomena motor gede atau moge di Indonesia saat ini memang semakin menggeliat. Saya sendiri adalah salah satu orang yang menggermari motor gede. Bagi saya, mengendarai motor gede memang memiliki kesan tersendiri yang mendalam. Dan sebagai warga negara yang baik ketika berkendara saya juga selalu menaati peraturan dan hukum yang berlaku di negeri ini. Salah satu wujud ketaatan biker pada hukum ketika mengendarai moge adalah memakai helm standar. Saat ini helm untuk moge memang sangat beragam pilihan jenis dan merk-nya. Tapi apapun jenis helm yang akan Anda gunakan, pastikan helm moge tersebut memenuhi standar (SNI). Helm moge berstandar memang penting untuk dijadikan pilihan saat membeli. Sebab dengan menggunakan helm moge berstandar, selain akan melindungi diri sendiri juga bisa membuat kita lebih nyaman dan leluasa saat berkendara. Nah berikut ini adalah beberapa karakteristik standar helm motor gede yang perlu Anda cermati.

Perhatikan Bentuk Helm

Hal pertama yang perlu dicermati oleh para rider moge untuk memilih helm standar adalah melihat bentuknya. Saat ini helm moge memang bisa ita jumpai dalam berbagai bentuk, dari bentuk full face, half-Face, hingga modular atau flip-up yang bisa diatur sesuai keinginan. Nah, apaun pilihannya, pastikan helm moge yang akan Anda beli memeliki bentuk yang mampu melindungi kepala dengan baik dan sempurna. Sebab bila helm moge memiliki bentuk yang tidak bisa melindungi kepala dengan sempurna maka hal ini bisa membahayakan Anda saat menggunakannya. 

Memiliki Ukuran yang Pas

Berikutnya, helm moge standar yang harus Anda pilih untuk keselamatan saat berkendara yakni yang memiliki ukuran pas. Helm moge dengan ukuran pas ini adalah helm yang ketika dipakai tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu sempit. Sebab bila helm moge terlalu longgar maka manfaat perlindungan untuk kepala jadi tidak berfungsi maksimal. Ini karena helm moge yang terlalu longgar bisa membuatnya terlepas dan menyebabkan risiko fatal saat terjadi kecelakaan. Sementara bila helm moge terlalu sempit juga tidak baik karena bisa membuat peredaran darah di kepala menjadi terganggu, sesak nafas dan juga halusinasi. Jika sudah demikian maka helm moge dengan ukuran yang terlalu sempit juga dapat membahayakan pengendaranya.

Memiliki Cangkang Luas dan Tebal

Salah satu bagian helm moge yang penting untuk melindungi kepala adalah cangkang. Maka dari itu supaya Anda benar-benar terlindungi saat bekendara dengan moge, pastikan Anda membeli helm dengan cangkang yang tebal dan luas. Dengan cangkang helm yang tebal, kepala kita memang akan terlindungi dengan baik sehingga Anda meminimalisir risiko fatal jika terjadi kecelakaan. Selain itu jangan lupa juga untuk memilih helm moge dengan cangkang luas untuk membuat seluruh bagian kepala terlindungi dengan baik. Helm dengan cangkang yang luas sendiri bukan berarti harus menutupi seluruh bagian kepala. Sebab Anda juga membutuhkan pandangan ke depan sehingga diperlukan sisa ruang yang cukup untuk bisa melihat jalan.

Mempunyai Kaca Depan yang Nyaman untuk Memandang Ke Depan

Terakhir, karakteristik helm moge standar yang harus Anda pastikan untuk pembelian adalah memiliki kaca depan yang nyaman untuk memandang ke depan. Kaca depan helm memang sangat penting fungsinya untuk kenyamanan serta perlindungan terhadap mata terhadap benda-benda kecil saat berkendara. Nah agar Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman, maka helm dengan kaca depan tebal, bersih serta bening adalah karakteristik helm yang harus dipilih. Jangan lupa juga untuk menghindari kaca helm dengan efek cekung atau cembung. Ini karena kaca dengan cembung dan cekung bisa membuat kepala pusing dan juga mengganggu kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *