Reza Satria Palupi: Perawatan Motor Gede Agar Lebih Awet

Memiliki motor gede atau moge memang akan sangat membanggakan dan menyenangkan, terutama bagi yang menggemarinya. Saya sendiri sebagai penggemar motor gede juga begitu merasakan kebanggaan yang berarti. Dari keunikan dan spesialnya moge ini, tak ayal menjadikan pemiliknya jadi lebih bergengsi. Sesuai dengan kesannya yang spesial, moge juga membutuhkan perawatan yang juga spesial. Perawatan pada moge memang sedikit agak berbeda dengan pemeliharaan motor biasa. Ini karena perawatan pada moge bersifat lebih menyeluruh dan detail. Faktor spare part yang mahal juga membuat pemeliharaan moge ini jadi lebih ekslusif. Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk Anda yang ingin melakukan perawatan terhadap motor gede agar lebih awet.

  1. Ganti Oli Secara Rutin

Pertama, cara perawatan yang tepat untuk moge adalah mengganti oli secara rutin. Sama seperti kendaraan lain, oli pada moge juga menjadi komponen yang penting untuk selalu diperhatikan. Bila oli sudah mulai berkurang maka pastikan Anda cepat menggantinya dengan yang baru. Bahkan walau moge jarang digunakan, penggantian oli tetap harus dilakukan secara teratur. Dan apabila moge selalu digunakan, maka penggantian oli harus dilakukan setiap mencapai jarak 2.000 km. Supaya moge tetap awet dan tahan lama pastikan Anda tidak lupa atau tidak terlambat mengganti oli moge pada waktunya.

  1. Perhatikan Kualitas Bahan Bakar

Untuk pengisian bahan bakar moge memang tidak boleh sembarangan. Pasalnya, mesin moge yang sudah EURO 4 membuat kendaraan ini membutuhkan bahan bakar dengan oktan minimal 92. Jadi bila Anda biasa mengisi bahan bakar di Pertamina, maka moge minimal harus menggunakan Pertamax. Dan akan lebih baik lagi bila moge Anda menggunakan Pertamax Plus atau Pertamax Turbo.

  1. Rutin Mengecek Rantai 

Anda yang ingin moge selalu memiliki performa maksimal maka Anda tidak boleh membiarkan rantai renggang. Sebab rantai yang sudah renggang bisa membuat motor gede jadi tidak maksimal saat digunakan. Maka dari itu ketika sudah mendapati rantai yang renggang Anda harus secepatnya menggantinya dengan yang baru. Pengecekan rantai sendiri harus Anda lakukan minimal satu kali dalam sebulan. 

  1. Cek Bagian Kelistrikan Terutama Aki
  2. Selanjutnya, cara perawatan moge agar lebih awet adalah dengan mengecek bagian kelistrikan, terutama aki. Aki pada moge memang sangat penting untuk mendukung performa. Dengan aki yang baik, rider juga akan dimudahkan untuk menggunakan dan memaksimalkan moge. Maka dari itu bila aki didapati lemah, segera lakukan pengisian air aki dan juga pengisian ulang listrik selama kurang lebih 2,5 jam. Dan bila aki dirasa sudah tidak baik termakan usia, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. 

    1. Kontrol Tekanan Angin Ban

    Terakhir, cara merawat motor gede agar lebih awet adalah mengontrol tekanan angin pada ban. Ban yang memiliki tekanan rendah di bawah standar memang akan membuat moge bermasalah, terutama pada kestabilan dan kenyamanannya. Bahkan ban moge yang berada di bawah standar bisa membahayakan pengendara saat digunakan. Maka dari itu bila Anda mendapati tekanan angin pada ban moge rendah, Anda harus segera mengisi angin lagi hingga mencapai tekanan yang standar. Standar tekanan angin pada ban depan moge sendiri adalah sekitar 32 sampai 34 psi, sementara itu pada ban belakang tekanannya adalah antara 39 sampai 41 psi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *