Reza Satria Palupi: Motor Full Fairing dan Naked? Cari Perbedaannya Disini

Motor sport adalah sesuatu yang umumnya sangat menarik perhatian kaum pria, termasuk saya, Reza Satria Palupi. Saya memang selalu terpikat bila melihat atau membicarakan motor sport. Dengan penampilannya yang gahar dan macho, motor sport selalu menjadi motor idaman. Motor sport sendiri saat ini ada dua varian atau tipe yang bisa dipilih. Dua tipe atau varian motor sport tersebut adalah full fairing dan naked. Dari adanya dua pilihan tersebut maka Anda yang ingin memiliki motor sport harus mencermati perbedaan kedua tipe ini supaya mendapatkan motor yang tepat. Lalu seperti apa perbedaan motor sport full fairing dan neked ini? Berikut pembahasan perbedaan kedua motor sport ini dilihat dari beberapa karakteristiknya.

  1. Desain Bodi Motor

Ditinjau dari desain bodi motornya, maka kita bisa mendapati bahwa motor sport full fairing ini memiliki desain yang lebih sporty dan gagah. Ini karena motor full fairing ini memiliki desain yang kompleks sehingga nampak seperti motor-motor racing yang ada di arena balap. Sementara itu untuk motor sport tipe naked memang terlihat kurang begitu mencolok karena desainnya yang sederhana dan coraknya yang polos. Meski terlihat lebih sederhana dan polos, tapi motor sport naked ini bobot totalnya menjadi lebih ringan.

  1. Kelincahan di Jalan

Berikutnya, perbedaan motor sport full fairing dan naked ini bisa kita lihat dari kelincahannya dijalan. Saat dikendarai, motor sport full fairing akan lebih lincah dibanding motor sport naked. Ini dikarenakan motor sport full fairing memiliki desain yang lebih aerodinamis dibanding motor sport naked. Desain aerodinamis dari motor sport full fairing salah satunya terlihat dari adanya bagian mirip sirip dikedua sisi bagian samping depan yang berfungsi menahan tekanan angin. 

  1. Kenyamanan dan Faktor Ergonomi

Meski lincah dan gesit, tapi bila motor sport full fairing ini dikendarai dalam waktu yang lama akan membuat badan pegal. Dalam hal kenyamanan dan faktor ergonomi, motor sport naked memang lebih unggul dari full fairing. Ini karena pada motor sport naked didesain agar pengendara tidak terlalu menunduk ke depan yang membuat badan jadi pegal. Tapi pada motor sport full fairing, saat menaiki dan mengendarainya, pengendara harus lebih menunduk ke depan, sehingga dari sini akan membuat badan pegal bila terlalu lama mengendarainya. 

  1. Kapasitas Mesin dan Penggunaan Bahan Bakar

Selanjutnya, perbedaaan antara motor sport full fairing dengan naked bisa diketahui dari kapasitas mesin dan penggunaan bahan bakarnya. Di lihat dari kapasitas mesinnya maka motor sport full fairing tentu jadi juaranya. Kapasitas mesin dari motor sport full fairing ini sendiri adalah dari 150 cc sampai 1000 cc. Tapi karena kapasitas mesin full fairing ini besar menjadikan pemakaian bahan bakar jadi lebih banyak dan boros. 

  1. Harga

Terakhir, mengenai harga, kita juga akan mendapatkan perbedaan antara motor sport full fairing dan naked. Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, membeli motor sport naked akan jadi pilihan tepat. Tapi bila Anda memang memiliki impian memiliki motor sport full fairing maka anggaran yang besar harus Anda persiapkan untuk membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *