Jelang Lebaran, Persiapan Mudik Dengan Sepeda Motor Ala Reza Satria Palupi

Menjelang akhir bulan Ramadhan, biasanya masyarakat di Indonesia akan disibukkan dengan agenda mudik ke kampung halaman. Sebagai seorang rider, maka melakukan mudik dengan sepeda motor akan menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Apalagi bila kegiatan mudik dengan motor ini dilaukan bersama-sama dengan teman-teman., maka mudik pun bisa terasa seperti touring. Saya sendiri sebagai seorang rider, sudah beberapa kali melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor dan merasakan kepuasan tersendiri. Nah, buat Anda yang juga berencana melakukan mudik dengan sepeda motor, berikut ada beberapa tips dari Reza Satria Palupi agar mudik jadi aman, lancar dan memuaskan.

  1. Lakukan Pengecekan Motor 

Tips pertama melakukan mudik dengan sepeda motor adalah dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh sebelum berangkat. Karena sepeda motor ini merupakan kendaraan yang akan mengantar Anda dalam perjalanan mudik, maka memastikan keyalayakan jalannya menjadi sebuah keharusan. Untuk bisa memastikan kelayakan jalannya maka kegiatan pengecekan memang menjadi hal yang harus dilakukan. Pengecekan sepeda motor sendiri haruslah dilakukan secara menyeluruh. Tidak hanya pada kondisi mesin, tapi beberapa komponen motor lainnya juga harus dilakukan pengeceka. Bila kemudian didapati ada bagian motor yang sudah aus, maka mau tak mau Anda harus menggantinya. Jangan lupakan juga untuk mengganti oli jika memang sudah waktunya. 

  1. Istirahat Sebelum Berangkat

Selain motor yang harus berada dalam kondisi prima, pengendaranya pun juga perlu mendapatkan keadaan yang sama. Sebab bilapun motor sudah oke, tapi pengendara yang memiliki kondisi kurang fit dalam perjalanan mudik akan sia-sia dan sangat membahayakan. Maka dari itu untuk membuat kondisi badan tetap fit dan prima dalam perjalanan mudik, Anda diharuskan untuk beristirahat minimal 8 jam sebelum berangkat.

  1. Persiapkan PerlengkapanBerkendara

Berikutnya, tips mudik dengan sepeda motor adalah dengan mempersiapkan perlengkapan berkendara. Dengan jarak yang jauh, Anda memang tak boleh main-main ketika melakukan mudik dengan sepeda motor. Maka dari itu beberapa perlengkapan pun harus Anda siapkan agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman. Beberapa perlengkapan dalam mudik dengan sepeda motor yang perlu dipersiapkan antara lain helm SNI, jeket tebal, masker, sarung tangan, sepatu dan lainnya. 

  1. Bawa Barang atau Penumpang yang Sesuai dengan Kapasitas

Dengan kapasitas yang terbatas, Anda seharusnya mengerti bahwa sepeda motor tidak bisa membawa barang atau penumpang secara berbebihan. Untuk penumpang, kapasitas maksimal yang bisa dibonceng adalah satu orang. Sementara untuk kapasitas barang, batas beban barang adalah 150 kilogram untuk motor bebek dan maticserta 160 kilogram untuk motor sport. Nah dari sini cobalah untuk tidak membawa barang atau penumpang yang melebihi kapasitas yang telah ditetapkan tersebut. Hal ini dilakukan tentu saja untuk membuat perjalanan mudik Anda dengan sepeda motor jadi lebih aman, lancar dan selamat sampai tujuan.

  1. Berkendaralah dengan Bijak

Terakhir, tips mudik menggunakan sepeda motor versi Reza Satria Palupi yaitu dengan bekendara secara bijak. Jalanan memang bukan milik kita sendiri. Tapi di sana juga ada hak milik orang lain. Maka dari itu agar sama-sama menjaga keselamatan Anda diharuskan untuk berkendara dengan bijak. Berkendara dengan bijak ini maksudnya yaitu Anda harus berkendara dengan mematuhi rambu lalu-lintas dan juga menjaga hak-hak orang lain di jalan. Anda juga tidak perlu ngebut karena Anda tidak akan mendapatkan esensi dari mudik dengan motor. Sebagai rider sejati kita memang harus bisa menikmati setiap perjalanan yang dilakukan, termasuk saat mudik ke kampung halaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *