Jangan Lupakan Cara Merawat Jaket Bermotor, Berikut Tipsnya

Jaket adalah perlengkapan yang pasti tidak akan dilupakan oleh setiap pemotor. Dengan fungsinya untuk melindungi tubuh dari angin, maka keberadaan jaket ini memang terbilang sangat penting. Saya sendiri sebagai seorang rider juga sangat memperhatikan perlengkapan jaket tersebut. Namun seiring waktu, jaket motor yang kita miliki lama-lama akan mengalami aus atau rusak. Untuk itulah dibutuhkan perawatan yang rutin dan serius agar jaket motor yang kita miliki jadi lebih awet ketika digunakan. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa merawat jaket bermotor tetap awet dan tahan lama.

  1. Jangan Terlalu Lama Membiarkan dalam Keadaan Kotor

Pertama, tips merawat jaket motor adalah dengan tidak terlalu lama membiarkannya dalam keadaan kotor. Jaket motor yang kotor dan dibiarkan terlalu lama memang rentan mengalami aus atau rusak. Hal ini dikarenakan jaket yang kotor bisa memicu munculnya jamur. Tidak hanya membuat jaket rentan rusak, tapi jaket motor yang kotor dan terlalu lama dibiarkan bisa memunculkan masalah lain yakni bau yang tidak sedap. Maka dari itu untuk menghindari jaket jadi cepat rusak maka pastikan Anda langsung membersihkannya saat mendapati jaket motor kotor. 

  1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Telalu sering mencuci jaket motor ternyata juga sama tidak baiknya dengan lama tidak membersihkan jaket. Sebab jaket motor yang terlalu sering dicuci bisa membuat jaket jadi rusak dan warnanya jadi kusam. Bebebapa jeket dengan bahan tertentu bahkan tidak memerlukan pencucian saat didapati ada yang kotor. Maka dari itu sebelum Anda mencuci jaket motor pastikan Anda mengetahui ketentuan baiknya frekuensi jaket untuk dibersihkan atau dicuci. 

  1. Teliti Dulu Bahan Jaket Sebelum Merawatnya

Berkaitan dengan tips sebelumnya maka Anda yang ingin membuat jaket jadi lebih awet, maka Anda harus mencermati dulu bahan jaket sebelum membersihkan atau mencucinya. Seperti jaket motor berbahan kulit, maka cara perawatannya hanya cukup dilap kain saja.Bila jaket kulit ini kehujanan maka Anda cukup menggantung dan mengangin-anginkan. Sementara itu untuk jaket motor dengan bahan goretex dan cordura, maka untuk membersihkannya Anda cukup mencucinya dengan mengucek saja. Hindari pemakaian sikat saat mencuci jaket dengan bahan goretex dan cordura agar tidak rusak. Sementara itu untuk jaket motor berbahan nilon maka Anda bisa mencucinya dengan tangan dan menyikatnya dengan tenaga yang tidak terlalu keras. Dan terakhir untuk jaket berbahan katun maka perawatannya bisa Anda lakukan dengan berbagai cara seperti mencuci tangan, menyikat hingga mencucinya menggunakan mesin cuci.

  1. Hindari Memeras Jaket Setelah Mencucinya

Terakhir, tips merawat jaket motor agar tetap awet dan tahan lama adalah dengan menghindari memeras setelah dicuci. Pada jaket motor yang diperbolehkan dicuci, maka setelah membilasnya, cobalah untuk tidak memeras. Hal ini dikarenakan jaket motor yang diperas setelah dicuci, lama-kelamaan bisa membuatnya kusut dan rusak. Kalau tidak memerasnya lantas bagaimana? Jadi untuk bisa membuang air bilasan pada jaket ini maka biarkan saja airnya turun ke bawah dengan sendirinya hingga jaket mengering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *