Berkenalan dengan Motor Pedal Indonesia (Mopedia)

Berkenalan Dengan Motor Pedal Indonesia - Reza Satria Palupi

Motor adalah moda transportasi yang sudah sangat populer di semua lapisan masyarakat. Kendaraan roda dua ini sendiri memiliki riwayat panjang sejak kemunculannya. Salah satu riwayat yang tak boleh dilupakan dari kisah kendaraan ini adalah hadirnya motor pedal atau juga dikenal dengan nama moped.

Karakteristik Moped

Melihat asal-usul atau riwayatnya, motor pedal ini pertama kali muncul di Eropa tahun 1930-an. Di Jerman, moped cukup populer digunakan masyarakat antara tahun 1950-1960-an. Dari Eropa, moped kemudian diperkenalkan di Indonesia. Di Indonesia sendiri awalnya pemilik motor pedal ini terbatas. Namun seiring perkembangan, pemilik dan peminat moped semakin bertambah. Meski saat ini moped sudah tak lagi diproduksi, namun karena keunikan dan nilai historisnya, kendaraan tua ini masih banyak yang menggemarinya, terutama bagi mereka yang tergabung dalam komunitas motor pedal. Pada perkembangan selanjutnya moped sendiri kemudian berubah menjadi skuter dan motor bebek.

Keuntungan Memiliki Moped

Memiliki moped atau motor pedal memang akan menghadirkan kebanggaan tersendiri. Meski bukan lagi tergolong barang mewah, namun dengan semakin langkanya moped, membuat kendaraan ini semakin berharga. Begitu unik dan berharganya motor pedal ini membuat harganya bisa mencapai 30 sampai 40 juta rupiah. Keunikan dan riwayat panjang yang dimiliki moped inilah yang memang seringkali membuat seseorang ingin memiliki dan mengkoleksinya. Selain akan memiliki kendaraan antik, pemilik moped juga tidak lagi direpotkan dengan perizinan. Ini karena moped seperti layaknya sepeda listrik yang bebas izin. Anda yang memiliki kenangan masa lalu dengan motor ini tentunya bisa bernostalgia dengan kesan yang bermakna. Keuntungan lain memiliki moped adalah perawatannya yang tidak rumit, seperti penggunaan oli yang bisa memakai oli pasaran SAE 40.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *