Apa yang Perlu Dipertimbangan Sebelum Memulai Putusan Berbisnis Online Menurut Reza Satria Palupi

Berbisnis online saat ini memang sedang menjamur dan banyak diminati. Saya melihat fenomena berbisnis online ini memang tak bisa dihindari di era teknologi yang begitu massif seperti sekarang. Sayangnya, saya melihat tidak sedikit para pebisnis online yang menjalankan bisnis ini dengan asal dan ikut-ikutan saja. Hasilnya bisnis online yang dijalankannya pun tidak berjalan dengan optimal. Maka dari itu sebelum menjalankan bisnis berbasis daring ini alangkah baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  1. Ide Usaha

Pertama, hal yang perlu dipertimbangkan saat berbisnis online yakni ide usaha. Walaupun bisnis online sedang berkibar, tetap saja tidak semua bidang bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Maka dari itu sebelum memulai bisnis online, pastikan dulu ide usaha yang akan Anda jalankan. Pastikan ide usaha yang Anda jalankan ini memiliki pasar besar dan juga sesuai kemampuan atau kesukaan (passion).

  1. Perencanaan Usaha

Setelah menentukan ide usaha, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan usaha. Bisnis memang membutuhkan perencanaan agar tujuan akhir yang diimpikan bisa tercapai. Merencakan usaha ini bisa dimulai dari menentukan visi dan misi usaha. Setelah itu baru tentukan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai visi dan misi tersebut. Meski kita merintis bisnis online dari level bawah, perencanaan usaha tetap perlu dilakukan. Ini karena perencanaan juga bisa berguna untuk meminimalkan potensi kesalahan yang bisa dilakukan. Dengan menghindari kesalahan maka bisnis online rintisan Anda akan bisa berjalan aman tanpa gangguan finansial yang begitu krusial di awal-awal usaha.

  1. Riset Pasar

Berikutnya, hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai berbisnis online adalah riset pasar. Riset pasar adalah melakukan identifikasi pada apa-apa yang berkaitan dengan bisnis onlin Anda. Selain konsumen atau target pasar, dalam riset ini juga perlu dicermati bagaimana tingkat persaingan dan juga kesulitan dan kelebihan bisnis. Dengan melakukan riset pasar maka Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana medan tempur bisnis Anda. Dari gambaran inilah maka Anda pun bisa menyusun strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis online dengan baik.

  1. Strategi Pemasaran

Untuk mencapai tingkat penjualan yang baik, maka strategi pemasaran ini memang tidak bisa dilupakan. Sebab hanya dengan strategi pemasaran yang tepat inilah maka bisnis online Anda akan selangkah lebih maju untuk meraih omset dibanding kompetitor. Namun seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa strategi pemasaran ini haruslah tepat untuk mencapai apa yang diharapkan. Strategi pemasaran bisnis online ini sendiri sekarang cukup banyak opsi yang bisa dipilih. Carilah yang strategi yang tepat dan sesuai bagi bisnis online Anda agar apa yang Anda jalankan berjalan efektif dan efisien.

  1. Jaringan Bisnis

Meskipun bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis online, keberadaan relasi atau mitra tetap sangatlah penting. Sebab, bisnis online ditahap awal pastinya membutuhkan banyak bantuan atau pertolongan. Entah itu dalam hal modal atau persediaan bahan baku, bisnis online ditahap awal akan sulit untuk berjalan tanpa kontribusi dari para mitra atau relasi usaha. Maka dari itu pastikan Anda memiliki jaringan bisnis (networking) seluas-luasnya. Dengan adanya networking maka Anda pun bisa membuat bisnis online berjalan dengan lebih lancar dan terkendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *