Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Putusan Keselamatan Mengendarai Motor Menurut Reza Satria Palupi?

Berkendara di jalanan memang bukan kegiatan atau aktivitas sembarangan yang bisa dilakukan tanpa kecermatan. Bagi saya, berkendara dengan moda apapun, termasuk motor, perlu menomorsatukan aspek keselamatan. Tingginya risiko kecelakaan di jalanan memang membuat saya tak mau main-main dengan faktor keselamatan. Maka dari itu ketika saya akan mengendarai motor, saya akan selalu memperhatikan dengan seksama hal-hal yang mendukung keselamatan bekendara. Setelah seluruh aspek keselamatan berkendara sudah terpenuhi maka saya akan lebih tenang untuk bekendara. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang seharusnya perlu diperhatikan oleh setiap pengendara motor untuk mendukung kesalamatan berkendara di jalanan.

Secara umum untuk menghadirkan keselamatan saat mengendarai motor di jalanan maka kita harus memenuhi tiga hal atau syarat berikut ini.

  1. Membuat Kendaraan Menjadi Lebih Aman untuk Dikendarai

Pertama, untuk menghadirkan keselamatan saat berkendara di jalanan maka kita harus memperhatikan kendaraan itu sendiri. Sebab kendaraan yang tidak layak jalan, membuat tingkat keselamatan saat berkendara semakin menurun. Jadi sebelum berangkat mengendarai motor, Anda harus melakukan memastikan bahwa motor layak jalan. Untuk itulah pengecekan terhadap beberapa komponen motor terutama pada bagian rem, ban, lampu dan juga mesin menjadi sesuatu hal yang sangat perlu dilakukan. Pastikan beberapa komponen motor tadi berfungsi dengan baik agar mendukung keselamatan saat Anda berkendara di jalan.

  1. Melengkapi Perlengkapan Keselamatan Pada Diri

Setelah memastikan kendaraan atau motor yang akan kita kendarai sudah baik dan aman, maka langkah selanjutnya untuk upaya menghadirkan keselamatan berkendara yakni melengkapi diri dengan perlengkapan keselamatan. Saat bekendara di jalanan yang penuh dengan risiko, maka perlengkapan keselamatan pada diri menjadi hal yang tak kalah pentingnya untuk dicermati. Apalagi bila Anda merencanakan berkendara secara touring yang membutuhkan jarak yang jauh dan waktu lama, maka akan semakin banyak perlengkapan keselamatan diri yang diperlukan. Beberapa perlengkapan keselamatan diri saat berkendara tersebut antara lain helm, jaket, sepatu dan bisa jadi dibutuhkan pelindung lutut kaki atau siku tangan.

  1. Cara Bekendara di Jalanan dengan Aman

Terakhir, syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menghadirkan keselamatan saat mengendarai motor adalah cara berkendara yang aman. Memang percuma saja meskipun Anda sudah memenuhi dua syarat aman di atas, tapi tidak bisa berkendara dengan aman di jalanan. Bukan saja bisa membuat Anda berisiko tidak aman, tapi cara berkendara yang asal-asalan di jalan bisa juga membahayakan orang lain. Maka dari itu berkendara yang aman dengan mematuhi segala peraturan yang ada di jalan menjadi cara yang harus kita lakukan sebagai pengendara agar keselamatan bisa kita raih dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *