5 Tips Agar Motor Tidak Cepat Panas Bareng Reza Satria Palupi

Sebagai seorang rider, tentu Anda ingin saat perjalanan selalu lancar. Tapi karena sebuah kecerobohan pada perawatan motor tak jarang perjalanan jadi terganggu karena overheat atau keadaan mesin motor yang terlalu panas. Saya sendiri pernah beberapa kali mengalami hal ini ketika melakukan perjalanan jauh.  Overheat sendiri adalah kondisi mesin motor yang terlalu panas hingga membuat motor tiba-tiba tidak bertenaga dan akhirnya mogok. Terjadinya overheat sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal seperti sirkulasi oli mesin yang terhambatatau juga hilangnyakinerjapendingin mesin.Nah, untuk Anda yang sering mengalami overheat pada motor, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk meminimalisirnya. 

  1. Rutin Ganti Oli

Tips pertama yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi overheat adalah rutin mengganti oli. Memang salah satu penyebab motor mengalami overheat adalah oli yang berkurang jumlahnya dan tidak segera diganti. Keadaan oli yang demikian memang akan membuat mesin cepat panas. Ini dikarenakan oli berfungsi mencegah gesekan pada mesin dan juga mengontrol temperatur dalam ruang mesin agar tidak panas. Maka dari itu bila Anda mendapati oli mesin pada motor sudah berkurang, maka jangan tunggu lagi untuk menggantinya dengan yang baru agar kondisi overheat bisa diminimalisir. Saat mengganti oli ini maka jangan lupa juga untuk menggantinya yang sesuai spesifikasi mesin supaya motor bisa bekerja dengan optimal.

  1. Panaskan Motor Sebelum Melakukan Perjalanan

Berikutnya, tips yang bisa Anda terapkan untuk meminimalisir overheat adalah dengan memanaskan motor sebelum melakukan perjalanan jauh. Jadi sebelum berangkat melakukan perjalanan jauh yang memungkinkan terjadinya overheat, cobalah untuk memanaskan motor dulu selama dua sampai tiga menit saja. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar oli bisa tersirkulasi ke seluruh bagian mesin sehingga komponen mesin pun terlindungi dan jadi siap bekerja dengan maksimal.

  1. Perhatikan Sistem Pendingin

Motor yang sudah dilengkapi sistem pendingin memang tidak berati dapat terhindar dari overheat. Namun bila sistem pendingin ini jarang dirawat dan diperhatikan, hal tersebut bisa memicu terjadinya overheat. Dari sini maka bila Anda tidak ingin motor mengalami overheat, pastikan Anda selalu mengecek dan merawat sistem pendingin secara teratur. Seperti bila Anda menggunakan sistem pendingin cairan maka Anda harus selalu rutin mengecek cairan coolant secara teratur.Sementara itu bila motor menggunakan sistem pendingin udara maka Andaharus rajin membersihkan radiatornya.

  1. Tidak Sembarangan dan Berlebihan Saat Ngegas Motor

Anda yang selama ini doyan ngegas motor secara sembarangan dan berlebihan, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Kalau Anda masih berpikir bahwa kegiatan ngegas motor ini keren, maka Anda keliru besar. Sebab, kegiatan ngegas yang sembarangan dan berlebihan ini bisa membuat mesin motor cepat panas (overheat) dan juga cepat rusak.

  1. Setel Kerapatan Piston

Terakhir, tips agar motor tidak cepat panas yang bisa Anda terapkan yakni dengan menyetel kerapatan piston. Piston yang terlalu rapat memang bisa menyebabkan saluran pelumasan oli jadi terhambat. Nah bila hal ini terjadi maka saat motor digunakan, mesin akan cepat menjadi panas atau overheat. Tidak hanya itu piston yang terlalu rapat dengan seher dan sering membuat overheat juga bisa mengakibatkan kerusakan pada blok mesin. Dari sinilah maka pastikan Anda untuk menggunakan piston standar dan menyetelnya dengan baik agar tidak terjadi kerapatan yang dapat menyebakan overheat pada mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *